Minggu, 14 Juli 2013

PERANAN DESAIN UNTUK INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER


Jika pada tulisan sebelumnya dibahas tentang manfaat desain untuk kebudayaan, maka kali ini akan membahas tentang peranan desain untuk interaksi manusia dengan komputer. Suatu interaksi manusia dan komputer merupakan suatu proses interaksi antara sebuah komputer dan seorang manusia. Proses interaksi disini digunakan untuk mempermudah manusia berinteraksi dengan komputer itu sendiri sehingga dapat menghasilkan tujuan yang diharapkan. Peranan desain disini adalah untuk media agar seorang bisa lebih mudah berinteraksi dengan sebuah komputer. Berinteraksi disini bukan berarti manusia tersebut dapat mengobrol secara langsung dengan komputer layaknya manusia mengobrol langsung dengan manusia, berinteraksi disini maksudnya adalah manusia tersebut dapat mengerti setiap fungsi dari tampilan di komputer sehingga manusia tersebut dapat mempergunakan menu di komputer tersebut sesuai dengan fungsinya yang benar. Dengan adanya desain, diharapkan dapat mewakili arti dari fungsi menu tersebut. Karena itulah, menu-menu pada komputer di desain sedemikian rupa sehingga mudah di pahami manusia dan kemudian dapat dipergunakan sesuai fungsinya. Disini saya akan mengambil contoh beberapa icon dari toolbar yang ada di lembar kerja microsoft office word 2007. Microsoft office word sendiri merupakan suatu perangkat lunak pengolah kata.
Icon toolbar pertama yang akan dibahas adalah toolbar new file. Desain yang dibuat untuk icon toolbar new adalah berupa gambar kertas putih polos dengan sisi bagian kanan atas kertas terlipat sedikit. Desain new file ini dibuat dengan gambar kertas putih menggambarkan bahwa ketika user ingin membuat sebuah dokumen atau file baru berarti dokumen tersebut masih dalam keadaan bersih, kosong dan belum ada isinya, sehingga digambarkan dengan sebuah kertas putih.
Icon toolbar yang kedua adalah open. Desain yang dibuat untuk toolbar open adalah sebuah folder terbuka dengan tanda panah ke arah bawah. Maksud desain ini adalah menggambarkan bahwa seorang user yang ingin membuka sebuah file atau dokumen, maka ia harus membuka suatu folder yang merupakan tempat dari file itu disimpan.
Icon toolbar yang ketiga adalah save. Desain untuk icon toolbar save adalah gambar suatu disket. Maksud desain icon toolbar ini adalah menggambarkan bahwa ketika user ingin menyimpan file yang telah ia buat maka ia harus menyimpannya dengan mengklik toolbar ini. Kenapa harus gambar disket? Karena disket adalah salah satu media penyimpanan sehingga dapat menggambarkan bahwa toolbar ini berfungsi untuk menyimpan
Icon toolbar yang keempat adalah copy. Desain untuk icon toolbar copy adalah dua gambar kertas yang berhimpitan. Maksud dari desain tersebut adalah ketika user ingin menyalin sesuatu dari file tersebut, maka cukup mengklik icon ini setelah mendrag sesuatu yang akan di salin. Kenapa desainnya adalah kertas yang berjumlah dua? Karena fungsi copy disini adalah untuk menyalin untuk di perbanyak dari yang sebelum ada satu kemudian menjadi dua atau lebih.
Icon yang kelima adalah paste. Icon paste disini ada hubungannya dengan icon copy. Dimana ketika seseorang akan menyalin (copy) maka untuk menempelkan hasil salinannya digunakan paste. Karena fungsinya adalah menempelkan hasil copyan maka desain dari paste tersebut adalah sebuah papan dengan sebuah kertas. Papan tersebut maksudnya adalah tempat menempel salinannya yaitu berupa file atau kata-kata. File atau kata-kata tersebut di simbolkan dengan sebuah kertas.
peranan desain untuk interaksi manusia dengan komputer bagian 1. Jika pada bagian 1 membahas tentang icon toolbar pada microsoft office word 2007, maka pada bagian kedua ini juga sama yaitu masih membahas tentang icon pada toolbar microsoft office word 2007. Namun disini kita akan membahas icon toolbar untuk menu insert atau menu tentang penyisipan.
Icon toolbar penyisipan pertama adalah penyisipan table. Disini user dapat mempergunakan icon ini untuk menyisipkan sebuah tabel. Karena itu desain dari icon ini adalah seperti bentuk tabel karena terkait fungsinya adalah untuk menyisipkan tabel.
Icon toolbar penyisipan kedua adalah penyisipan picture. Disini user dapat menggunakan icon ini untuk menyisipkan gambar yang berada pada folder. Desain dari icon ini adalah berupa gambar gunung dengan matahari yang menggambarkan bahwa itu adalah sebuah gambar (picture) atau sebuah foto karena terkait fungsinya adalah sebagai penyisip gambar atau foto.
Icon toolbar penyisipan ketiga adalah penyisipan shapes. Fungsi dari icon ini adalah memudahkan pengguna untuk menyisipkan bentuk-bentuk yang telah disediakan oleh komputer. Desain yang digunakan untuk icon ini adalah gambar tabung, persegi empat dan lingkaran. Maksudnya adalah karena icon ini berfungsi untuk menyisipkan bentuk-bentuk seperti itu yaitu persegi, lingkaran, tabung, garis, tanda panah dst.
Icon toolbar penyisipan keempat adalah penyisipan chart. Fungsi dari icon ini adalah untuk menyisipkan sebuah grafik. Model dari grafik-grafik tersebut sudah tersedia, user hanya tinggal memilih sesuai keinginan. Salah satu model grafik adalah berbentuk coloumn. Model coloumn ini bentuknya sama dengan desain dari icon chart. Karena itulah icon chart dipilih dengan menggambarkan salah satu model dari grafik yang tersedia.
Icon toolbar penyisipan kelima adalah penyisipan equation. Penyisipan equation sendiri merupakan penyisipan yang biasa digunakan untuk menyisipkan rumus matematika, fisika, atau apa saja yang ada rumus perhitungannya. Karena biasanya digunakan untuk membuat rumus matematika dan fisika maka dipilihlah desain icon equation dengan sebuah lambang phi. Desain tersebut melambangkan bahwa user dapat membuat atau menyisipkan rumus-rumus menggunakan icon ini.
Itu merupakan sebagian dari desain-desain icon yang tersedia di komputer. Desain-desain tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga di harapkan dapat memberikan informasi tentang fungsi dari icon tersebut sehingga antara manusia dan komputer dapat saling berinteraksi.

Tidak ada komentar: