Minggu, 14 Juli 2013

PERANAN DESAIN UNTUK INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER


Jika pada tulisan sebelumnya dibahas tentang manfaat desain untuk kebudayaan, maka kali ini akan membahas tentang peranan desain untuk interaksi manusia dengan komputer. Suatu interaksi manusia dan komputer merupakan suatu proses interaksi antara sebuah komputer dan seorang manusia. Proses interaksi disini digunakan untuk mempermudah manusia berinteraksi dengan komputer itu sendiri sehingga dapat menghasilkan tujuan yang diharapkan. Peranan desain disini adalah untuk media agar seorang bisa lebih mudah berinteraksi dengan sebuah komputer. Berinteraksi disini bukan berarti manusia tersebut dapat mengobrol secara langsung dengan komputer layaknya manusia mengobrol langsung dengan manusia, berinteraksi disini maksudnya adalah manusia tersebut dapat mengerti setiap fungsi dari tampilan di komputer sehingga manusia tersebut dapat mempergunakan menu di komputer tersebut sesuai dengan fungsinya yang benar. Dengan adanya desain, diharapkan dapat mewakili arti dari fungsi menu tersebut. Karena itulah, menu-menu pada komputer di desain sedemikian rupa sehingga mudah di pahami manusia dan kemudian dapat dipergunakan sesuai fungsinya. Disini saya akan mengambil contoh beberapa icon dari toolbar yang ada di lembar kerja microsoft office word 2007. Microsoft office word sendiri merupakan suatu perangkat lunak pengolah kata.
Icon toolbar pertama yang akan dibahas adalah toolbar new file. Desain yang dibuat untuk icon toolbar new adalah berupa gambar kertas putih polos dengan sisi bagian kanan atas kertas terlipat sedikit. Desain new file ini dibuat dengan gambar kertas putih menggambarkan bahwa ketika user ingin membuat sebuah dokumen atau file baru berarti dokumen tersebut masih dalam keadaan bersih, kosong dan belum ada isinya, sehingga digambarkan dengan sebuah kertas putih.
Icon toolbar yang kedua adalah open. Desain yang dibuat untuk toolbar open adalah sebuah folder terbuka dengan tanda panah ke arah bawah. Maksud desain ini adalah menggambarkan bahwa seorang user yang ingin membuka sebuah file atau dokumen, maka ia harus membuka suatu folder yang merupakan tempat dari file itu disimpan.
Icon toolbar yang ketiga adalah save. Desain untuk icon toolbar save adalah gambar suatu disket. Maksud desain icon toolbar ini adalah menggambarkan bahwa ketika user ingin menyimpan file yang telah ia buat maka ia harus menyimpannya dengan mengklik toolbar ini. Kenapa harus gambar disket? Karena disket adalah salah satu media penyimpanan sehingga dapat menggambarkan bahwa toolbar ini berfungsi untuk menyimpan
Icon toolbar yang keempat adalah copy. Desain untuk icon toolbar copy adalah dua gambar kertas yang berhimpitan. Maksud dari desain tersebut adalah ketika user ingin menyalin sesuatu dari file tersebut, maka cukup mengklik icon ini setelah mendrag sesuatu yang akan di salin. Kenapa desainnya adalah kertas yang berjumlah dua? Karena fungsi copy disini adalah untuk menyalin untuk di perbanyak dari yang sebelum ada satu kemudian menjadi dua atau lebih.
Icon yang kelima adalah paste. Icon paste disini ada hubungannya dengan icon copy. Dimana ketika seseorang akan menyalin (copy) maka untuk menempelkan hasil salinannya digunakan paste. Karena fungsinya adalah menempelkan hasil copyan maka desain dari paste tersebut adalah sebuah papan dengan sebuah kertas. Papan tersebut maksudnya adalah tempat menempel salinannya yaitu berupa file atau kata-kata. File atau kata-kata tersebut di simbolkan dengan sebuah kertas.
peranan desain untuk interaksi manusia dengan komputer bagian 1. Jika pada bagian 1 membahas tentang icon toolbar pada microsoft office word 2007, maka pada bagian kedua ini juga sama yaitu masih membahas tentang icon pada toolbar microsoft office word 2007. Namun disini kita akan membahas icon toolbar untuk menu insert atau menu tentang penyisipan.
Icon toolbar penyisipan pertama adalah penyisipan table. Disini user dapat mempergunakan icon ini untuk menyisipkan sebuah tabel. Karena itu desain dari icon ini adalah seperti bentuk tabel karena terkait fungsinya adalah untuk menyisipkan tabel.
Icon toolbar penyisipan kedua adalah penyisipan picture. Disini user dapat menggunakan icon ini untuk menyisipkan gambar yang berada pada folder. Desain dari icon ini adalah berupa gambar gunung dengan matahari yang menggambarkan bahwa itu adalah sebuah gambar (picture) atau sebuah foto karena terkait fungsinya adalah sebagai penyisip gambar atau foto.
Icon toolbar penyisipan ketiga adalah penyisipan shapes. Fungsi dari icon ini adalah memudahkan pengguna untuk menyisipkan bentuk-bentuk yang telah disediakan oleh komputer. Desain yang digunakan untuk icon ini adalah gambar tabung, persegi empat dan lingkaran. Maksudnya adalah karena icon ini berfungsi untuk menyisipkan bentuk-bentuk seperti itu yaitu persegi, lingkaran, tabung, garis, tanda panah dst.
Icon toolbar penyisipan keempat adalah penyisipan chart. Fungsi dari icon ini adalah untuk menyisipkan sebuah grafik. Model dari grafik-grafik tersebut sudah tersedia, user hanya tinggal memilih sesuai keinginan. Salah satu model grafik adalah berbentuk coloumn. Model coloumn ini bentuknya sama dengan desain dari icon chart. Karena itulah icon chart dipilih dengan menggambarkan salah satu model dari grafik yang tersedia.
Icon toolbar penyisipan kelima adalah penyisipan equation. Penyisipan equation sendiri merupakan penyisipan yang biasa digunakan untuk menyisipkan rumus matematika, fisika, atau apa saja yang ada rumus perhitungannya. Karena biasanya digunakan untuk membuat rumus matematika dan fisika maka dipilihlah desain icon equation dengan sebuah lambang phi. Desain tersebut melambangkan bahwa user dapat membuat atau menyisipkan rumus-rumus menggunakan icon ini.
Itu merupakan sebagian dari desain-desain icon yang tersedia di komputer. Desain-desain tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga di harapkan dapat memberikan informasi tentang fungsi dari icon tersebut sehingga antara manusia dan komputer dapat saling berinteraksi.

Gambar untuk interaksi manusia dan komputer


IMK dengan aspek ergonomik dan keseluruhan konsep IMK

Skenenario yang mengandung aspek ergonomik.

Ergonomik adalah secara teknis dapat diartikan sebagai kenyamanan kerja. Ada banyak unsur yang terkandung di dalamnya, diantaranya: stasiun kerja, pencahayaan, kualitas udara, gangguan suara, kesehatan dan keamanan kerja, kebiasaan kerja. Saya ambil contoh seorang mahasiswa yang sedang dalam proses pengerjaan skripsi. Maka, tentu ia akan mengusahakan semaksimal mungkin tempat ia berkerja dalam membuat skripsi itu membuatnya nyaman, dan tidak stres.
Tingkat nyaman ini untuk beberapa orang mungkin berbeda-beda, adakalanya orang merasa nyaman jika bekerja dalam kondisi sangat sepi dan adakalanya pula ada orang yang justru takut jika bekerja dalam keadaan sepi. Menilik dari teori ergonomik, kenyamanan dapat dihadirkan dengan cara-cara berikut.
Pertama dalam hal statiun kerja atau tempat kerja, saya yakin kebanyakan orang pasti lebih memilih tempat kerja yang rapi, bersih daripada yang berantakan, karena dapat menimbulkan stres. Keadaan stasiun kerja dapat mempengaruhi emosional manusia yang berdampak pada pekerjaannya, jadi usahakan anda bekerja pada lingkungan yang tertata, walau tidak sempurna rapi, setidaknya hal itu dapat mengurangi tingkat stres yang dapat menghambat pekerjaan.
Kedua, pengcahayaan. Tata lampu dalam ruang kerja harus sangat diperhatikan. Karena jika hal ini diabaikan dampaknya akan fatal di kemudian hari, terutama dampak pada indera penglihatan. Diusahakan sinar lampu tidak terlalu silau dan memantul langsung ke mata, kalau perlu pilihlah lampu dengan radiasi yang minimum. Sinar yang terlalu besar(silau) dapat menyebabkan mata menjadi tegang karena syaraf-syaraf mata berusaha menahan cahaya yang masuk berlebihan, ini jelas merusak mata.
Ketiga, kualitas udara. Masih berhubungan dengan kesehatan pekerja. Udara sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Jika udara yang kita hirup tercemar, maka jelas dampaknya pada metabolisme tubuh kita akan menurun, jika hal tersebut terjadi setiap hari bisa jadi tubuh anda akan melemah, dan membuat paru-paru rusak.
Keempat, gangguan suara. Seperti yang telah saya singgung di atas, untuk hal ini mungkin ada kalanya orang senang bekerja dalam keramaian atau kebalikannya. Namun dalam IMK secara ergonomik disarankan bahwa lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan yang bebas dari polusi suara. Contoh, tentu kita akan sangat terganggu jika saat kita bekerja dengan serius diganggu oleh suara bising pembangunan gedung di sebelah ruang kerja anda.
Kelima, kesehatan dan keamanan kerja. Faktor ini sangat penting pula, bekerja harus mematuhi aturan kesehatan dan keamanan kerja. Contoh, bekerja hendaknya jangan memporsir tubuh secara berlebihan apalagi dilingkungan kerja yang tidak mendukung faktor ergonomik, akibatnya akan sangat fatal bagi kesehatan. Keamanan kerja juga perlu diperhatikan, tidak ada salahnya mematuhi prosedur keamanan kerja demi kebaikan diri masing-masing.

Produk IMK yang berdasarkan konsep IMK
Suatu ciptaan IMK dibuat dan ditujukan untuk digunakan oleh manusia, oleh karena itu dalam prosesnya diperlukan pendekatan khusus yang mendalami faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam merencanakan produk IMK yang memenuhi standar untuk digunakan/dinikmati.
Berdasarkan konsep tujuan IMK, IMK dibuat untuk menghasilkan keluaran yang bermanfaat, aman, efektif, efisien, serta memudahkan manusia. Jadi semisal anda merencanakan sebuah program kerja pengelolaan administrasi sebuah instansi, diusahakan program tersebut memiliki tujuan-tujuan yang terkandung dalam IMK, karena percuma jika sebuah program yang diciptakan justru mempersulit dan menghambat mobilitas kerja.
Dalam pembuatan IMK kita terlebih dulu harus memahami, apa tujuan IMK dibuat, untuk siapa, bagaimana agar inti dari produk tersebut dapat tersampaikan secara sempurna. Untuk itu kita perlu mengetahui unsur bidang studi IMK yang dapat membuat kita lebih paham akan cara membuat IMK yang sesuai standar. Bidang-bidang tersebut adalah Teknik Informatika dan Ilmu komputer, Psikologi, Perancangan Grafis dan Tipologi, Ergonomik, Antropologi, Linguistik, dan Sosiologi.
Memahami secara Teknik Informatika dan Ilmu komputer maksudnya, aspek ini diperlukan untuk hal-hal terkait pembelajaran mengenai hal-hal berkenaan teknologi dan informasi. Psikologi, keluaran IMK juga harus dapat mengerti kebutuhan pengguna yang berbeda-beda secara psikologis. Sangat perlu untuk memperhatikan unsur-unsur gambar, kalimat, ataupun animasi yang dipilih. Dan tentunya memiliki kesan menarik dan indah.
Perancangan grafis dan tipologi, pemilihan gambar hendaknya sesuai tema, karena sebuah gambar dapat bermakna banyak, seorang mungkin akan menganggap anda tidak bermutu jika tiba-tiba saja anda cantumkan gambar gajah pada slide presentasi yang bertema kepahlawanan.
Kemudian memahami secara Ergonomik. Secara garis besar ergonomik dapat diartikan sebagai kenyamanan kerja. Dan tentunya kenyamanan harus syarat kesehatan dan keamanan kerja seperti yang telah disinggung di bab sebelumnya. Antropologi, adalah ilmu pengetahuan tentang manusia. Dimana keluaran IMK diharapkan dapat merealisasikan sebuah relasi yang baik antar komputer dan manusia. Penggunaan perintah, alur kerja program, dan tombol harus jelas dan mudah digunakan.
Secara Linguistik, linguistik berarti bahasa. Bahasa sangat penting untuk proses berkomunikasi, dalam hal ini interaksi manusia dan komputer, maka bahasa yang digunakan untuk menjebatani antara manusia dan komputer hendaknya bahasa yang mudah dimengerti manusia pada umunya, dan komputer juga dapat menterjemahkannya dengan benar dan tepat, sehingga tidak terjadi missed-communication. Terakhir adalah Sosiologi, sosiologi menyorot pengaruh IMK dalam struktur sosial masyarakat. IMK juga harus memperhatikan lingkungan sosial agar masyrakat tidak mengecam bahwa pekerjaan mereka telah diambil oleh komputer, sehingga banyak pekerja terancam pemberhentian kerja.
selain itu, ada pula faktor lain dalam pembuatan IMK yang perlu kita perhatikan diantaranya faktor penglihatan. Pada kategori penglihatan ini terbagi atas beberapa unsur yakni luminasi, kontras, kecerahan, sudut dan ketajaman penglihatan, dan medan penglihatan.
Luminasi adalah banyaknya cahaya yang ditampilkan oleh objek. Luminasi memiliki satuan lilin/m2. Konsep luminasi adalah semakin besar luminasi maka semakin banyak objek yang dapat dilihat oleh mata. Namun bertambah besarnya luminasi objek akan menyebabkan mata bertambah sensitif terhadap kedipan. Seringnya mata berkedip menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Kontras adalah hubungan cahaya yang dikeluarkan oleh objek dan cahaya latar belakang (perbedaan yang mencolok antara latar belakang dan objek). Melihat objek yang memiliki perpaduan warna yang kontras akan membuat mata kita sakit. Kecerahan, juga dapat mempengaruhi hasil keluaran IMK, warna dapat terlihat karena adanya sinar, akan tetapi, kita harus memberikan sinar yang pas agar warna tersebut dalam dilihat dengan enak dimata.
Sudut, ketajaman penglihatan, dan medan penglihatan juga sangat berpengaruh pada luaran IMK. Penglihatan (visual angle) adalah sudut yang berhadapan oleh objek pada mata Ketajaman penglihatan (visual acuity) adalah sudut penglihtanan minimum ketika mata masih melihat sebuah objek dengan jelas.
Medan penglihatan adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak kekiri terjauh dan kekanan terjauh. Medan penglihatan dapat dibagi menjadi empat daerah. Yakni tempat kedua mata yang mampu melihat dalam kondisi sama (binokuler). Tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kiri (monokuler kiri). Tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kanan (monokuler kanan). Daerah buta adalah daerah yang sudah tidak dapat dijangkau oleh penglihatan mata.Hindari fokus maka terhadap objek dengan posisi yang terlalu tinggi atau rendah atau serong, usahakan pas. Itu akan cukup membantu mengurangi kelelahan pada mata.

Interaksi Manusia dan Komputer


Ciri-Ciri Teknologi Masa Lampau, Sekarang, dan Masa Depan


Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini
Komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
1. Abacus

Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian
geser yang diatur pada sebuh rak.
2. Kalkulator roda numerik numerical wheel calculator )
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel
calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).

Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 6 generasi.
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
a)      Menggunakan teknologi tabung hampa sebagai alat pemroses dan penyimpan data
b)      Memorinya sangat rendah
c)      Perlu pemanasan awal yang tinggi
d)     Kemampuan mengolah datanya sangat lambat
e)      Ukurannya sangat besar
f)       Cepat panas dan mudah terbakar
g)      Memerlukan banyak tabung hampa dengan tujuan  bila  ada tabung hampa yang terbakar tidak mengganggu operasi keseluruhan computer
h)      Penggunaan tenaga listrik sangat besar
i)       Contoh komputer generasi I: ENIAC, EDVAC, dan sebagainya.

Beberapa komputer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)

Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep
penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von
Neuman.
b. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator )
 
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
d. UNIVAC 1 Computer

Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan.

2. Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )
Ciri-ciri:
a)      Menggunakan teknologi transistor sebagai  pengganti tabung hampa
b)      Memorinya relatif kecil atau rendah,
c)       Kecepatan mengolah datanya lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya,
d)      Kebutuhan untuk pemanasannya tidak terlalu tinggi,
e)       Ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya.
f)        Kelebihan lain dari transistor adalah tidak  sepanas tabung hampa.
g)      Pemakaian daya listrik lebih hemat dibanding generasi sebelumnya.
h)      Penyimpanan data sudah secara magnetik.
i)       Menjadi titik awal fenomena minikomputer – DEC memperkenalkan komputer pertamanya: DEC PDP-1 pada tahun 1957.
j)       Bermula penggunaan bahasa tingkat tinggi – bahasa pemrograman FORTRAN dan COBOL.
k)      Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah: IBM 1401, IBM 7090, dan ILLIAC-11.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secraa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3. Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 70an )
Ciri-ciri:
a)      Menggunakan Monolitic Integrated Circuit (MIC) dan Large Scale Integration (LSI)
b)       Mempunyai memori lebih besar
c)      Bekerjanya lebih cepat
d)     Ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya
e)      Teknologi transistor digantikan dengan penggunaan chip yang mengandungi ratusan atau ribuan trasnsistor yang dipadatkan
f)          Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration
g)      Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
h)      Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah
i)        Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan
j)        Banyak bahasa pemrograman dihasilkan – BASIC, PASCAL
k)      Contoh komputer generasi ini: IBM System/360 dan DEC PDP-8

Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Komputer generasi keempat ( 1970-1980an )
Ciri-ciri:
a)      Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS),
b)      Masuk dalam kelompok ini adalah komputer-komputer produksi BMC, IBM dan Apple yang kini beredar di pasaran.
c)      menggunakan teknologi Very Large-Scale Integration (VLSI)
d)     mempunyai beberapa pemproses CPU yang bisa berfungsi secara serentak.
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

5. Komputer generasi kelima (1980-sekarang)
    Ciri-ciri:
a)      mempunyai beberapa pemproses CPU yang bisa berfungsi secara serentak
Komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.
6. Komputer generasi masa depan
Para ahli sedang mengadakan penelitian untuk membuat mikrooptik dan input-output audio yang memungkinkan untuk dipasang dalam komputer masa depan. Selain itu, saat ini para ahli sedang mencoba untuk merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh user. Komputer tanpa program (programless computer) inilah yang nantinya mungkin menjadi ciri utama generasi komputer masa depan yang sangat canggih. Selain itu, komputer generasi ke-enam ini menggunakan komponen ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang dapat memuat hingga jutaan komponen dalam suatu chip tunggal.

Disisi teknologi yang lain, beberapa ahli komputer mempunyai keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta biochip yang terbuat dari protein sitetis. Rencananya, biochip ini akan ditanam pada robot dan robot yang ditanami biochip ini akan menjadi manusia tiruan. Sungguh luar biasa teknologi komputer dimasa mendatang.

Ciri-ciri:
a)      Lebih canggih dan lebih murah serta memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
b)      Dapat menjadi teman manusia itu sendiri dengan kemampuannya membaca akan situasi di sekitarnya

Dari segi arsitektur, komputer generasi ke-enam ini tidak lagi terdapat program atau yang disebut dengan programless computer. Jadi komputer ini tidak lagi membutuhkan penulisan dan pembuatan program oleh programme

Ciri-Ciri Teknologi Masa Lampau, Sekarang, dan Masa Depan


Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini
Komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
1. Abacus

Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian
geser yang diatur pada sebuh rak.
2. Kalkulator roda numerik numerical wheel calculator )
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel
calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).

Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 6 generasi.
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
a)      Menggunakan teknologi tabung hampa sebagai alat pemroses dan penyimpan data
b)      Memorinya sangat rendah
c)      Perlu pemanasan awal yang tinggi
d)     Kemampuan mengolah datanya sangat lambat
e)      Ukurannya sangat besar
f)       Cepat panas dan mudah terbakar
g)      Memerlukan banyak tabung hampa dengan tujuan  bila  ada tabung hampa yang terbakar tidak mengganggu operasi keseluruhan computer
h)      Penggunaan tenaga listrik sangat besar
i)       Contoh komputer generasi I: ENIAC, EDVAC, dan sebagainya.

Beberapa komputer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)

Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep
penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von
Neuman.
b. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
c. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator )
 
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
d. UNIVAC 1 Computer

Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan.

2. Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )
Ciri-ciri:
a)      Menggunakan teknologi transistor sebagai  pengganti tabung hampa
b)      Memorinya relatif kecil atau rendah,
c)       Kecepatan mengolah datanya lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya,
d)      Kebutuhan untuk pemanasannya tidak terlalu tinggi,
e)       Ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya.
f)        Kelebihan lain dari transistor adalah tidak  sepanas tabung hampa.
g)      Pemakaian daya listrik lebih hemat dibanding generasi sebelumnya.
h)      Penyimpanan data sudah secara magnetik.
i)       Menjadi titik awal fenomena minikomputer – DEC memperkenalkan komputer pertamanya: DEC PDP-1 pada tahun 1957.
j)       Bermula penggunaan bahasa tingkat tinggi – bahasa pemrograman FORTRAN dan COBOL.
k)      Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah: IBM 1401, IBM 7090, dan ILLIAC-11.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secraa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3. Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 70an )
Ciri-ciri:
a)      Menggunakan Monolitic Integrated Circuit (MIC) dan Large Scale Integration (LSI)
b)       Mempunyai memori lebih besar
c)      Bekerjanya lebih cepat
d)     Ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya
e)      Teknologi transistor digantikan dengan penggunaan chip yang mengandungi ratusan atau ribuan trasnsistor yang dipadatkan
f)          Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration
g)      Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
h)      Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah
i)        Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan
j)        Banyak bahasa pemrograman dihasilkan – BASIC, PASCAL
k)      Contoh komputer generasi ini: IBM System/360 dan DEC PDP-8

Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4. Komputer generasi keempat ( 1970-1980an )
Ciri-ciri:
a)      Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS),
b)      Masuk dalam kelompok ini adalah komputer-komputer produksi BMC, IBM dan Apple yang kini beredar di pasaran.
c)      menggunakan teknologi Very Large-Scale Integration (VLSI)
d)     mempunyai beberapa pemproses CPU yang bisa berfungsi secara serentak.
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

5. Komputer generasi kelima (1980-sekarang)
    Ciri-ciri:
a)      mempunyai beberapa pemproses CPU yang bisa berfungsi secara serentak
Komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.
6. Komputer generasi masa depan
Para ahli sedang mengadakan penelitian untuk membuat mikrooptik dan input-output audio yang memungkinkan untuk dipasang dalam komputer masa depan. Selain itu, saat ini para ahli sedang mencoba untuk merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh user. Komputer tanpa program (programless computer) inilah yang nantinya mungkin menjadi ciri utama generasi komputer masa depan yang sangat canggih. Selain itu, komputer generasi ke-enam ini menggunakan komponen ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang dapat memuat hingga jutaan komponen dalam suatu chip tunggal.

Disisi teknologi yang lain, beberapa ahli komputer mempunyai keyakinan bahwa suatu saat akan tercipta biochip yang terbuat dari protein sitetis. Rencananya, biochip ini akan ditanam pada robot dan robot yang ditanami biochip ini akan menjadi manusia tiruan. Sungguh luar biasa teknologi komputer dimasa mendatang.

Ciri-ciri:
a)      Lebih canggih dan lebih murah serta memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
b)      Dapat menjadi teman manusia itu sendiri dengan kemampuannya membaca akan situasi di sekitarnya

Dari segi arsitektur, komputer generasi ke-enam ini tidak lagi terdapat program atau yang disebut dengan programless computer. Jadi komputer ini tidak lagi membutuhkan penulisan dan pembuatan program oleh programme